Tips Menghadapi Masalah

Tips Menghadapi Masalah

“Masalah” !!! tentunya kita tidak akan lepas dengan kata tersebut, problematika kehidupan yang selalu menempel dalam diri manusia, bahkan bisa dibilang sekarang kita sedang memiliki masalah, baik yang sederhana atau bahkan masalah yang akan mempengaruhi kelangsungan hidup kita.

Tidak dipungkiri ketika “kata” itu menyapa kita, maka pikiran dan badan kita tidak akan tenang, makan tidak enak, gelisah tidak karuan bahkan sampai tidak bisa tidur. Lalu apa yang harus kita lakukan saat kedatangan “tamu” tersebut? Pastinya anda sudah mempunyai berbagai jurus untuk menangkalnya, tapi bila yang selama ini anda lakukan belom bisa menjadikan anda tenang saat kedatangan masalah, anda bisa coba tips berikut ini;

Bersabarlah

Hal pertama kali yang harus kita lakukan adalah bersabar, tarik nafas dalam-dalam dan bersikap tenanglah, karena dengan kita bersabar akan tumbuh rasa tenang meski sedang terkena masalah, ingat yang membuat kita gelisah atau tidak nyaman adalah karena kita emosi setelah mendengar hal yang tidak kita inginkan. So bersabarlah karena emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

Adukan kepada Allah swt

Tempat yang pertama kali harus anda tuju adalah Allah swt, ambillah wudhu dan lakukan shalat sunnah, shalat sunnah apa saja dan usahakan dengan se khusuk-khusuknya anda bisa, dan adukanlah semua yang sedang anda rasakan dalam hati, ungkapkan dengan hati yang tunduk kepada Allah swt, disinilah tempat bila anda ingin emosi, menangis, berteriak atau apapun, tapi lakukanlah dengan kerendahan hati bahwa Allah swt lah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Jangan ceritakan kepada orang lain

Setelah anda puas mengungkapkan semua yang mengganjal dalam hati, tentunya anda sudah merasa lega, tapi seandainya anda masih merasakan tidak nyaman, maka lakukanlah hal ke dua sampai anda merasakan kehadiran ketenangan. Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah tidak menceritakan masalah yang sedang anda rasakan kepada orang lain jadikanlah hal tersebuat sebagai rahasia anda, karena belom tentu anda mendapatkan pencerahan bila anda menceritakan kepada orang lain, mungkin saja anda akan mendapatkan tambahan masalah karena di cemooh orang yang anda ceritai. Namun bila anda mempunyai shahabat yang bijak hal ini tentunya pengecualian.

Koreksilah diri anda sendiri

Tanyakan kepada diri anda kenapa anda kedatangan masalah tersebut? Dengan anda menyadari kesalahan yang anda perbuat maka anda akan mencoba bijak untuk menyikapi masalah-masalah yang menimpa anda, hal ini akan menjadikan anda berhati-hati dalam bertindak dikemudian hari, namun bila anda tidak menyadari kelalaian anda sehingga masalah menyapa maka berniatlah untuk melakukan banyak hal yang lebih baik lagi.

Berbaik sangkalah

Mungkin tips terakhir yang bisa dilakukan adalah berfikir khusnudhan kepada Allah swt, berbaik sangkalah dengan apa yang kita rasakan, tidak semua masalah yang menyapa kita adalah hasil dari kesalahan kita, namun yang pasti disetiap masalah yang kita dapatkan tersimpan pelajaran yang berharga yang kita dapatkan yakni kesabaran, ketenangan, keikhlasan, keyakinan dan masih banyak lagi pastinya.

Demikianlah tips cara menghadapi masalah yang dapat kami uraikan, semoga dapat menjadikan kita lebih tegar saat berada dalam keadaan yang tidak kita inginkan. Satu kunci yang harus kita pegang janganlah membesar besarkan setiap masalah yang kita rasa, enjoy saja namun serius menyikapinya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Telah binasa orang yang berebih-lebihan..” (HR Muslim). (Abs)

 Sumber: https://darunnajah.com




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar