Sukses Wirausaha: Cara Mendapatkan Modal

Sukses Wirausaha: Cara Mendapatkan Modal

Cara Mendapatkan Modal Bukan Hal Terpenting Untuk Sukses Wirausaha

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan ialah bagaimana cara mendapatkan modal untuk bisnis agar sukses wirausaha. Ini pertanyaan klasik namun tetap saja banyak yang bertanya. Artinya masih banyak yang bingung tentang cara mendapatkan modal.

Sebenarnya, bukan hanya cara mendapatkan modal yang menjadi kesulitan. Pada saat saya gali lebih dalam pada beberapa kesempatan pelatihan yang saya selenggarakan, ternyata masalahnya bukan pada “mencari modal”. Sukses wirausaha bukan ditentukan oleh kemampuan Anda mendapatkan modal. Banyak punya banyak modal, tetap tetap saja bangkrut.

Apa donk? OK, lanjutkan membaca.

Dua Rahasia Sukses Wirausaha (Bukan Cara Mendapatkan Modal)

Pada dasarnya ada dua hal penting yang harus Anda miliki jika mau sukses wirausaha, yaitu mengetahui dan kemauan. Keduanya harus ada, salah satu tidak ada maka bisnis Anda tidak akan jalan.

Ada sebuah rahasia yang jarang dijelaskan oleh orang lain. Ini adalah rahasia para guru dan pebisnis sukses. Ini rahasia sukses wirausaha paling penting. Saya heran, kenapa jarang dijelaskan. Apa sengaja disembunyikan? Tidak tahu, mudah-mudahan bukan karena niat buruk. Bisa saja mereka melakukan, tetapi tidak bisa mengajarkan.

Saya mendapatkan ilmu ini dari dua orang sahabat saya. Jika ada satu ilmu yang harus diketahui oleh seorang pebisnis, ilmu itu adalah ilmu mencari. Lho koq? Tentu saja. Untuk berbisnis, Anda pasti memerlukan banyak hal. Nah, agar sukses wirausaha, maka Anda harus mencari semua yang dibutuhkan tersebut.

“Iya… saya butuh modal!”

Tentu saja, semua bisnis perlu modal. Jika Anda butuh modal modal, maka Anda harus mencari modal.

“Saya juga tahu, tapi bagaimana cara mencari modal?”

Ups… jangan marah. Begini: saat Anda bertanya “bagaimana cara” artinya Anda tidak mengetahui caranya. Betul? Artinya Anda harus mencari tahu “cara mencari modal”.

“Iya… saya mengerti, tapi siapa yang bisa? Makanya saya bertanya kepada Anda.”

Sekali lagi, Anda bertanya “Siapa yang bisa?”. Artinya Anda harus cari orang yang bisa. Orang yang memberitahu, mengajarkan, atau membantu Anda mencari modal.

“Pusing ah… muter-muter saja. Bagaimana mencarinya?”

Anda punya saudara? Anda punya teman? Anda punya mentor? Mulailah dari orang yang ada, yang dekat dengan Anda. Jika teman Anda tidak ada yang bisa, cobalah teman dari teman Anda. Saya yakin… jika Anda mau terus mencoba, Anda akan menemukan jawaban.

“Capek dech…”

Capek? Jangan bisnis! Bisnis akan capek. Serius!

Sering kali, jawaban itu ada. Ada di depan mata. Hanya saja, kebanyakan orang malas mencarinya. Oleh karena itu, rahasia kedua untuk sukses wirasusaha ialah kemauan. Jika tidak mau usaha, maka jangan buka usaha. Masuk akal bukan?

Pelajari Cara Mendapatkan Modal

Selalu saja ada orang yang dengan sinisnya mengatakan bahwa semua strategi bisnis percuma jika tidak punya uang. Uang itu penting untuk bisnis. Bisnis tidak akan jalan jika tidak punya uang.

Jika Anda tahu kalau uang itu penting, maka carilah uang untuk modal itu. Jika Anda tidak tahu cara mencarinya, maka Anda harus mempelajari cara mendapatkan modal.

Diantara cara mendapatkan modal:

  1. Gunakan kemampuan, ilmu, dan keterampilan Anda saat ini untuk mendapatkan modal.
  2. Pinjamlah. Takut berhutang? Maka Anda harus belajar bagaimana cara mengatasi hutang.
  3. Bekerja sama dengan orang yang punya modal.
  4. Adakah aset Anda saat ini yang bisa diubah menjadi modal?

Akan selalu ada jalan jika Anda mau mencarinya, termasuk cara mendapatkan modal. Pertama cari tahu dan yang kedua Anda harus mau melakukannya. Maaf, tidak tongkat sihir yang langsung memberikan uang kepada Anda. Tari tahu mau mencobanya sambil tetap berdo’a kepada Allah.

Ini: strategi bisnis tanpa gagal. Bukan hanya cara mendapatkan modal yang Anda dapatkan, tetapi semua yang Anda butuhkan untuk modal.


Sumber :https://www.motivasi-islami.com/sukses-wirausaha-cara-mendapatkan-modal/




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar