Sedapnya Manfaat Daun Koja bagi Kesehatan

Sedapnya Manfaat Daun Koja bagi Kesehatan

Kamu yang gemar memasak atau sering membantu ibu di dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini. Yup! Daun koja. Selain daun salam, daun ini kerap digunakan sebagai bumbu untuk campuran memasak. Orang banyak yang menyebutnya daun kari, sementara di daerah Jawa, daun ini biasa dikenal dengan nama daun koromelik.

Memiliki struktur bentuk yang kecil, daun ini tidak perlu digunakan dalam jumlah banyak karena rasanya sudah kuat meski kamu hanya menambahkannya beberapa helai saja. Daun koja sangat cocok untuk masakan gulai dan kuah kuning. Selain menambah kenikmatan cita rasa, aroma harum dari masakan akan semakin kuat. Dijamin perutmu akan langsung merengek minta diisi.

Tak banyak yang mengetahui jika daun koja tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dibenarkan oleh Heri Purnama selaku Excecutive Sous Chef Hotel JW Marriot Jakarta yang menyatakan bahwa daun koja bisa menurunkan kolesterol dan memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengutip CNNIndonesia, Berikut 7 manfaat ajaib daun koja yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi diare

Tahukah kamu jika daun koja sangat kaya akan nutrisi? Dalam satu helai daun koja saja terdapat nutrisi seperti karbohidrat, energi, serat, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, dan mineral. Selain itu, daun koja juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan antioksidan. Kaya sekali, bukan? Daun koja juga memiliki kandungan senyawa carbazolle alkaloid yang mampu mengontrol diare. Kamu bisa mengolah daun ini menjadi jus saat diare menyerang.

2. Mengatasi anemia

Siapa di sini yang sering mengalami lemah dan lesu? Bisa jadi kamu terkena anemia. Penyakit ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah akibat kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Cobalah rutin mengkonsumsi daun koja 2 lembar per hari. Kamu akan mendapatkan 2 nutrisi sekaligus yaitu zat besi dan asam folat. Bye anemia!

3. Mengatasi diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Pharmaceutical menyebutkan bahwa daun koja memiliki kandungan antiheperglikemik yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Untuk itu, daun ini sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki keluhan diabetes.

4. Menyehatkan rambut

Punya masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok? Daun koja solusinya! Lidah buaya dan minyak kemiri memang tumbuhan yang identik dengan perawatan rambut. Namun, jangan salah, daun koja juga memiliki kekuatan yang sama, lho! kamu bisa mengkonsumsi daun koja atau mengolahnya menjadi hairmask dan aplikasikan ke seluruh rambut.

5. Melancarkan pencernaan

Pencernaan merupakan hal vital yang harus senantiasa kita jaga. Apabila pencernaan terganggu, gangguan kesehatan lain akan dengan mudah menyerang tubuh manusia. Namun, kesalahan dalam konsumsi makanan tertentu sering kali menyebabkan pencernaan terganggu. Jika kebetulan kamu sedang mengalaminya, kamu bisa mengkonsumsi daun koja. Daun koja memiiki kandungan laksatif yang baik untuk pencernaan.

6. Melawan kanker

Mendengar nama kanker kerap kali membuat kita bergidik ngeri. Penyakit ini bisa dibilang memang mematikan. Selain penanganan dengan operasi dan kemoterapi, penderita kanker biasanya juga mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk membuang zat tidak baik dalam tubuh. Ternyata, daun koja juga memiliki manfaat yang sama dengan daun sirsak, lho! Kandungan fenol dan komponen carbazole alkaloid dalam daun koja mampu membantu melawan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker darah, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

7. Baik untuk mata

Vitamin A yang baik untuk mata sering kali diidentikkan dengan wortel. Padahal, vitamin A juga bisa diperoleh dari bahan lain seperti daun koja. Kandungan vitamin A dalam daun ajaib ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus, maupun hanya dicampurkan beberapa helai ke dalam masakan. Rutin mengonsumsi daun ini akan membuat matamu sehat.

sumber: https://www.kompasiana.com




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar