MAnfaat bawang merah untuk kesehatan

MAnfaat bawang merah untuk kesehatan

Kandungan & Manfaat BAWANG MERAH
Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap anti radang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir, 
bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya. Umbi lapisnya mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.

Kegunaan dari 
bawang merah : 
1. Demam pada anak 
2. Perut kembung, muntah-muntah
3. Masuk angin 
4. Kerokan 
5. Batuk
6. Disentri
7. Hipertensi 
8. Diabetes 
9. Kutu air / kakirangen 
10. Bisul/ luka 
11. Payudara bengkak / mastitis 
12. Melancarkan air seni pada anak disertai demam 
13. Sariawan
Wah kalo sudah terbukti bahwa 
bawang merah sangat besar manfaatnya ga ada alesan buat aku menolaknya dalam menu harian aku.
 

 
Bawang merah   juga merupakan  bagian penting dari bumbu masakan, baik untuk masakan rumah tangga, restoran  maupun  industri  makanan  , di samping itu bawang merah juga bisa  di manfa'atkan sebagai obat herbal.
      
Bawang merah memiliki nama lokal di antaranya :
Bawang    abang    mirah   (Aceh),  Bawang  abang (Palembang ) , Dasun merah (Minangkabau) , Bawang suluh (Lampung),   Bawang   beureum   (Sunda), Brambang  abang  (Jawa), Bhabang merah (Madura), dan masih banyak  lagi yang lainnya, masing -masing daerah memiliki sebutan tersendiri.



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar