Belajar jadi Serial Entrepreneur yang Sukses

Belajar jadi Serial Entrepreneur yang Sukses

Serial Entrepreneur salah satu istilah yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, terutama di Indonesia. Namun Serial Entrepreneur sudah banyak dilakukan oleh banyak pebisnis di Indonesia, karena hampir sebagian besar pengusaha di Indonesia memiliki banyak bisnis tidak terpaku pada satu bisnis saja.

Serial entrepreneur adalah seseorang yang memiliki banyak bisnis, dengan bidang yang berbeda-beda. Misal Anda adalah pengusaha di bidang pertanian, lalu Anda melihat potensi besar di bidang pariwisata Anda mencoba untuk terjun ke bisnis pariwisata. Jadi Serial Entrepreneur adalah seorang pengusaha yang menjalankan bisnis yang berbeda-beda.

Dilema Serial Entrepreneur

Tidak ada yang tahu kesuksesan seseorang berasal dari jalan yang mana. Karena banyak pengusaha yang terkadang gagal di bisnis yang satu, namun ketika menjalankan bisnis lain mereka berhasil. Ada pula yang melakukan bisnis yang berbeda secara berbarengan, ini merupakan contoh serial entrepreneur.

Di Indonesia Serail Entrepreneur cukup banyak. Bahkan hampir semua pengusaha di Indonesia memiliki bisnis yang berbeda-beda. Tetapi terkadang mereka dikenal karena salah satu bidang bisnisnya.

Sebut saja, Rudi Hartono dan Michael Hartono yang dikenal sebagai pengusaha rokok dibawah Djarum Group. Sekarang mereka juga memiliki bisnis lain yang jauh dari Rokok yakni perbankan, yaitu BCA.

Ketika Anda sedang belajar mengenai entrepreneur, Anda sering di brain wash mengenai fokus pada satu bisnis saja. Mungkin hal ini menjadi salah satu dilema para pengusaha pemula di Indonesia enggan mencoba bisnis lain secara berbarengan.

Padahal, ada suatu pendapat yang menyatakan bahwa Serial Entrepreneur akan lebih sukses dibandingkan dengan first time entrepreneur. Sebab, Serial Entrepreneur lebih pintar melihat peluang usaha dibandingkan dengan pengusaha yang hanya fokus pada satu bisnis. Serial Entrepreneur juga menjadi pebisnis yang pandai melihat potensi besar dari sebuah bisnis.

Para Serial Entrepreneur di kepalanya selalu berpikir bagaimana ide-ide segar bisa menjadi sebuah perusahaan yang memikat. Setelah bisa mendirikan sebuah perusahaan dan perusahaan sudah bisa ditinggal maka seorang Serial Entrepreneur akan membangun perusahaan lain dengan lini bisnis lain pula.

Tips Sukses jadi Serial Entrepreneur

Menjadi seorang Serial Entrepreneur dengan mengurus banyak perusahaan bukanlah perkara mudah. Banyak pengusaha yang sudah mencoba membangun satu perusahaan, namun perusahaan yang ia bangun tidak berjalan dengan baik. Bahkan perusahaan mereka malah boncos pada tahun pertama hingga tahun kedua.

Lalu, bagaimana seorang bisa membangun banyak perusahaan sepanjang hidupnya. Bahkan perusahaan yang dibangun adalah perusahaan-perusahaan dengan lini bisnis berbeda. Tentunya ada beberapa tips sukses agar Anda bisa membangun banyak bisnis sepanjang hidup Anda.

Menggaji Orang Lain

Anda tidak mengerti dengan bisnis yang akan Anda bangun atau Anda tidak memiliki waktu untuk mengelola bisnis, serahkanlah kepada orang lain. Jangan memaksa diri untuk berbisnis yang tidak begitu Anda paham dan Anda bisa membagi waktunya.

Apabila Anda tidak sanggup, dan Anda melihat bahwa bisnis tersebut memiliki potensi yang besar. Maka Anda harus bersiap untuk menyerahkan bisnis Anda kepada orang lain. Maksudnya Anda harus bekerjasama dengan orang lain.

Jika Anda tidak sanggup untuk membayar orang tersebut secara full, Anda bisa membayarnya sebagai seorang freelancer professional. Ini akan lebih mudah. Di zaman internet 4.0 saat ini, menjadi Serial Entrepreneur bisa dilakukan dengan menyerahkan bisnis kepada para ahlinya.

Anda bisa merekrut orang-orang terbaik yang bisa membangun bisnis yang akan Anda dirikan. Ini menjadi salah satu cara yang dilakukan para serial entrepreneur untuk bisa membangun bisnis di bidang lainnya.

Mencari Mitra

Banyak calon-calon Serial Entrepreneur yang enggan mencoba masuk ke bisnis lain disebabkan mereka tidak mengerti bisnis tersebut. Bagi pengusaha serial professional ini bukan akhir dari segalanya. Maish banyak cara untuk menuju Roma.

Anggap saja seperti, Anda pengusaha di bidang kontraktor. Namun Anda melihat potensi besar dari bisnis kuliner, tetapi Anda tidak berani terjun ke bisnis kuliner, sebab Anda tidak memiliki pengetahuan, kemampuan, hingga manajemen bisnis kuliner. Tak perlu takut, Anda bisa mencari mitra yang bisa mengelola itu semua.

Berbisnis dengan mitra tidak ada salahnya. Saat ini banyak calon-calon pengusaha, namun mereka terhambat dengan modal. Anda bisa jadi investornya atau Anda bisa menjadi salah satu pendirinya. Anda cukup memodali usaha yang akan Anda bangun dengan mitra. Mitra Anda cukup fokus pada mengelola bisnis yang Anda dirikan.

Buat Bisnis yang Berbeda dari Lainnya

Meskipun Anda sudah menjalankan sebuah bisnis dan Anda ingin mendirikan bisnis lain yang berbeda namun bisnis tersebut sudah ada di pasaran, Anda harus memiliki perbedaan antara produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan kompetitor.

Jangan sampai, ketika karyawan Anda menawarkan produk bisnis baru Anda ke distributor, distributor malah menjawab produk sejenis dengan produk yang Anda ciptakan sudah ia jual juga. Jangan sampai tim Anda malah lelah untuk menawarkan, tetapi mereka tidak mau menawarkan.

Usahakan produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan produk atau jasa yang berbeda dengan produk sejenis. Karena perbedaan itulah yang akan menjadikan produk atau jasa Anda disukai pasar. Usahakan sebelum diterjunkan ke pasar, Anda sudah melakukan survei maupun pengamatan mengenai produk atau jasa sejenis di pasaran.

Menjadi Serial Entrepreneur bukanlah perkara sulit jika Anda memiliki keyakinan yang kuat untuk menjadi seorang Serial Entrepreneur. Banyak pengusaha yang takut mencoba lini bisnis lain, Anda tidak boleh takut. Anda harus yakin, jika Anda sungguh-sungguh dalam menjalankan setiap bisnis tentunya Anda bisa sukses dengan bisnis tersebut.


Sumber: http://solusiukm.com




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar