7 Keterampilan yang Harus Dikuasai untuk Menjadi Pengusaha Sukses

7 Keterampilan yang Harus Dikuasai untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Ketika membuka usaha, Anda tentu berharap menjadi pengusaha sukses yang mampu mengembangkan bisnis. Tidak semudah membalikkan telapak tangan, selain membutuhkan modal usaha dari sisi eksternal dan diri sendiri, untuk membangung bisnis Anda juga membutuhkan beberapa keterampilan yang dapat menunjang untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

1. Komunikasi

Ketika berbisnis, Anda tentu harus menjalin relasi dengan banyak pihak seperti konsumen atau supplier produk. Agar proses kerja sama berjalan dengan lancar, maka Anda perlu menguasai skilldalam berkomunikasi. Dengan menjadi komunikator yang baik, Anda akan lebih mudah dalam membangun networking, mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan serta bernegosiasi dengan klien.

2. Personal Branding

pengusaha sukses

Personal branding yang baik mampu membuat bisnis Anda mendapat perhatian konsumen (Sumber: fabrikbrands.com)

Setelah memiliki keterampilan komunikasi yang baik, Anda juga harus mampu melakukan personal branding yang kuat agar jadi pengusaha sukses. Melakukan personal branding berarti Anda mampu membuat citra yang baik sebagai pengusaha untuk mendapat simpati dari orang lain. Untuk melakukannya, Anda dapat memanfaatkan media sosial melalui berbagai postingan yang diunggah. Dengan memiliki personal branding yang baik, banyak orang juga akan bisnis Anda memiliki reputasi yang baik.

Baca juga: Trik Jitu Pemimpin untuk Menghindari Salah Ambil Keputusan

3. Keterampilan menyusun strategi

pengusaha sukses

Kemampuan menyusun strategi membantu Anda mewujudkan berbagai goals perusahaan (Sumber: iieeksblog.com)

Saat membangun bisnis, Anda tentu menentukan berbagai goals yang ingin dicapai baik jangka panjang atau pendek. Agar semuanya dapat tercapai, diperlukan strategi dan taktik yang tepat. Karena itu sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu menyusun strategi bisnis yang realistis dan dapat diterapkan sehingga usaha yang dibangun akan terus berkembang. Melansir Thebalancesmb (2018), bedahlah goals besar menjadi lebih sederhana untuk memudahkan Anda dalam menyusun strategi. Sebagai contoh dalam tiga bulan Anda ingin pendapatan perusahaan naik 15 persen. Untuk mewujudkannya, Anda membuat beberapa strategi seperti membuat promosi diskon, merekrut brand ambassador, dan sebagainya. Dengan membedahnya menjadi lebih rinci, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi mana yang dapat dilakukan lebih dulu dan mampu melihat untung rugi setiap rencana yang dibuat.

4. Manajemen finansial

pengusaha sukses

Seorang pengusaha yang sukses harus mampu menjaga keuangan perusahaan tetap stabil (Sumber: parysgazette.co.za)

Agar bisnis Anda terus berjalan, dibutuhkan finansial yang stabil. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengelola keuangan dan mengatur pengeluaran yang dilakukan oleh usaha Anda. Meskipun memiliki bagian keuangan sendiri, setidaknya Anda harus mengetahui bagaimana alur keuangan perusahaan dan memiliki sikap tegas serta hati-hati dalam melakukan setiap transaksi.

5. Kepemimpinan

pengusaha sukses

Skill kepemimpinan membantu Anda untuk membuat perusahaan yang sukses  (Sumber: claremontlincoln.edu)

Sebagai seorang pemilik usaha, Anda harus memiliki skill kepemimpinan. Tanpa kemampuan tersebut, Anda akan kesulitan untuk membangun hubungan dengan karyawan serta mengatur perusahaan. Untuk melakukannya, Anda dapat memberikan motivasi dan apresiasi pada karyawan serta berpikiran terbuka. Seorang pemimpin yang mau menerima kritik menunjukkan dirinya sebagai seseorang yang mau terus berkembang dan rendah hati.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis untuk Mengekspansi Usaha Anda

6. Kemampuan pemasaran

pengusaha sukses

Kemampuan pemasaran penting dikuasai untuk membangun bisnis (Sumber: theshepherdgroup.com)

Kemampuan marketing menjadi kemampuan penting yang wajib Anda miliki untuk menjadi pengusaha sukses. Tanpa pemasaran yang baik, produk/jasa yang Anda jual akan sulit dikenal oleh konsumen. Untuk melakukan pemasaran yang baik, Anda dapat menggabungkan antara skillkomunikasi, copywriting, dan digital marketing sehingga bisnis Anda dapat terlihat menonjol dan berbeda dari kompetitor.

7. Manajemen stres

pengusaha sukses

Mampu memanajemen stres dengan baik akan membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses (Sumber: liputan6.com)

Keterampilan terakhir yang harus Anda miliki untuk menjadi pengusaha sukses adalah manajemen stres. Tidak menuntup kemungkinan bahwa ke depannya Anda akan menghadapi berbagai masalah yang membuat Anda stres. Meskipun terdengar sepele, kemampuan mengontrol stres ternyata sangat penting agar Anda mampu menjalankan usaha dengan kepala dingin dan bijak. Ingat, stres yang dibiarkan dapat membuat Anda bekerja dengan tidak efektif yang pada akhirnya akan mempengaruhi hubungan Anda dengan klien, konsumen, karyawan, dan orang di sekitar.


Rekan Kerja, menjadi pengusaha sukses memang tidak dapat dilakukan dalam satu malam. Teruslah berusaha, jangan menyerah dan kembangkan berbagai keterampilan Anda agar menjadi pemimpin perusahaan yang baik.


Sumber : https://blog.ruangguru.com





  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar