6 Langkah Menghilangkan Stress

6 Langkah Menghilangkan Stress

Gulalives.com, JAKARTA – Menjalani rutinitas sehari-hari yang diwarnai beragam masalah kerap menimbulkan stres dan pikiran suntuk. Tapi apakah kamu akan menyerah begitu saja?

Sebaiknya jangan, karena hidup dengan beban pikiran berat akan berimplikasi pada kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Caranya mudah, kamu cukup mengikuti enam tips yang dikutip dari fitbrains.comuntuk membantu kamu menjernihkan sekaligus menenangkan pikiran kamu selama sepekan memeras otak dan tenaga.

1. Yoga / meditasi – Berlatih yoga atau meditasi akan membantu membuat tubuh, pikiran dan jiwa rileks. Jika ada kesempatan, ikut kelas yoga. Kamu juga bisa mencoba meditasi di rumah. Caranya adalah mengambil posisi duduk yang nyaman, tutup mata, jernihkan pikiran dan pikirkan satu hal spesifik yang tak memicu stres selama 10-30 menit.

2. Selalu terhidrasi – Minum banyak air putih untuk menjaga tubuh kamu terhidrasi dan bersih. Jika kamu mengalami dehidrasi, racun akan mudah menumpuk di tubuhmu, yang lama kelamaan akan menyumbat pikiran.

3. Dengarkan musik – Mendengarkan alunan musik kesukaanmu dapat memacu endorfin alami di otak. Jadi, sisihkan waktu sejenak untuk beristirahat dan mendengarkan musik yang kamu sukai.

4. Berhenti berpikir – Lakukan sesuatu aktivitas yang tak menyita pikiran. Kegiatan seperti bernyanyi atau olahraga ringan bagus untuk mengurangi stres karena tak banyak membutuhkan pikiran.

5. Konsumsi makanan dan minuman sehat — Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang merangsang, seperti kopi, minuman energi, soda dan permen. Juga hindari makanan olahan dan tak alami.

6. Manjakan dirimu – Lakukan sesuatu hal yang kamu sukai dan ketahui akan menurunkan kadar stres. Coba manfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak, pergi ke salon untuk perawatan atau pijat relaksasi, menonton film atau apapun yang bikin kamu senang dan santai.

Tapi ingat, meski mengistirahatkan otak merupakan cara hebat untuk melenyapkan stres, tapi usahakan untuk tetap membuat otak aktif demi menjaga performa optimalnya. (TR)




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar